Hai hai.. saya disini
ingin membahas tentang media informasi seperti kapanlagi.com, okezone.com, kompas.com,
vivanews.com, tokobagus.com, detik.com. Media - media ini sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Dengan adanya media - media ini tak perlu lagi anda pagi - pagi menunggu tukang koran untuk mendapatkan informasi setiap harinya karena media ini sama saja dengan koran online. Berikut macam - macam pembahasannya :
KapanLagi.com adalah
salah satu situs web di Indonesia yang berfokus pada berita infotainment.
Situs ini mulai beroperasi di bulan Agustus 2003, berkembang dari layanan SMS
Alert, kemudian mengembangkan situs yang memfokuskan ke berita selebritis dan entertainment.
Situs ini mempunyai “motto” : “Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?”.
KapanLagi.com mempunyai dua kantor di Jakarta untuk bagian business development
dan marketing, sedangkan di Malang untuk bagian editor, programmer dan
desainer.
Okezone.com adalah
situs web berita dan hiburan berbahasa Indonesia yang didirikan pada Maret
2007. Situs ini dimiliki oleh PT Media Nusantara Citra (MNC) yang juga
mengelola beberapa bisnis media lain seperti RCTI, Koran SINDO, serta Trijaya
FM. Okezone memberitakan hal-hal umum seperti: politik, peristiwa,
internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi,
dan lainya. Okezone memiliki prosedur pelaporan paling lambat 20 menit s/d 1
jam dari lokasi kejadian.
Okezone.com adalah
salah satu situs portal yang berisi berita-berita terbaru (terupdate) yang baik
yang nasional maupun internasional. Seperti
layaknya situs portal yang lain okezone.com juga membagi berita-beritanya
menurut jenisnya masing-masing sehingga orang yang mengakses situs itu bisa
langsung menuju ke jenis berita yang ingin dibacanya tanpa terhalang oleh
berita lain yang tidak ingin dia baca. Jenis berita yang ada di Okezone.com ada
olahraga, gaya hidup, internasional, music, selebriti, bola, teknologi, mesin,
kampus, dan wisata. Selain itu Okezone.com juga membuat suatu portal khusus
untuk berita dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Eropa. Dimana di
dalam bagian itu jenis berita digabung tapi hanya dikhususkan untuk berita yang
dari daerah itu saja, portal itu cocok untuk orang yang ingin mengetahui
berita-berita tentang kejadian di daerahnya sendiri. Mungkin sekarang masih
sedikit tapi semakin lama akan semakin bertambah daerah yang memiliki portal sendiri.
Tentunya, agar mendapatkan hasil tambahan
dari situs portalnya pengurus okezone.com membuka layanan tempat memasang ad di situsnya.
Berhubung yang mengakses situs okezone.com ini cukup banyak maka banyak yang
mengklik ad itu dan menambah penghasilan dari situs portal itu sendiri. Selain
itu okezone.com juga menawarkan suatu situs belanja, lelang dan pencarian
kerja buat pembaca yang
menggunakan situs portal ini sehingga dapat dengan mudah mencari hal yang
menjadi masalah di dunia nyata.
Bisa dibilang okezone.com cukup memaksimalkan
fungsi dari suatu situs portal dengan baik dengan homenya yang diisi dengan
portal ke berita popular, terbaru dan juga beberapa tempat penting lainnya
menyebabkan Okezone.com salah satu situs berita yang layak untuk didatangi jika
ingin mencari suatu berita terbaru yang sedang marak dibicarakan. dengan
semakin berkembangnya situs portal maka okezone.com semakin berkembang dapat
dilihat dari pemberian melihat video-video berita yang disiarkan di RCTI di
dalam suatu portal yang disebut OkezoneTV.
Kompas.com berdiri pada tahun 1997 dengan nama Kompas
Online. Saat itu, Kompas Online hanya berperan sebagai edisi internet dari
Harian Kompas. Kemudian pada tahun 1998 Kompas Online merubah namanya menjadi
Kompas.com dengan berfokus pada pengembangan isi, desain, dan strategi
pemasaran yang baru. Kompas.com pun memulai langkahnya sebagai portal berita
terpercaya di Indonesia.
Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2008 Kompas.com
tampil dengan perubahan penampilan yang signifikan. Mengusung ide “Reborn”,
Kompas.com membawa logo, tata letak, hingga konsep baru di dalamnya. Lebih
kaya, lebih segar, lebih elegan dan tentunya tetap mengedepankan unsur
user-friendly dan advertiser-friendly.
Pada tahun tersebut juga mulai ditampilkan
channel-channel atau kanal-kanal di halaman depan Kompas.com. Kanal-kanal ini
didesain sesuai dengan tema berita dan membuat setiap pengelompokan berita
memiliki karakter.
Berikut Kanal-kanal di Kompas.com
- KOMPAS Female - Memuat informasi seputar dunia wanita: tips-tips seputar karier, kehamilan, trik keuangan serta informasi belanja.
- KOMPAS Bola - Tempat akurat untuk mengetahui update skor, berita seputar tim dan pertandingan sepak bola.
- KOMPAS Health - Berisi tips-tips dan artikel tentang kesehatan, informasi medis terbaru, beserta fitur informasi kesehatan interaktif.
- KOMPAS Tekno - Mengulas gadget-gadget terbaru di pasaran, menampilkan review produk dan beragam berita teknologi.
- KOMPAS Entertainment - Menyajikan berita-berita selebriti, ulasan film, musik dan hiburan dalam dan luar negeri.
- KOMPAS Otomotif - Menampilkan berita-berita seputar kendaraan, trend mobil dan motor terbaru serta tips-tips merawat kendaraan.
- KOMPAS Properti - Memuat direktori lengkap properti dan artikel tentang rumah, apartemen serta tempat tinggal.
- KOMPAS Images - Menyajikan foto-foto berita berkualitas dalam resolusi tinggi hasil pilihan editor foto KOMPAS.com.
- KOMPAS Karier - Kanal yang tak hanya berfungsi sebagai direktori lowongan kerja, namun juga sebagai one-stop career solution bagi para pencari kerja maupun karyawan.
VIVAnews diluncurkan
pada 17 Desember 2008, merupakan portal berita yang mengandalkan kedalaman,
kecepatan, pertumbuhan dan perkembangan yang lebih cepat. Dikelola oleh PT.
Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi Media Asia, Tbk yang juga mengelola
bisnis penyiaran (antv, tvOne). VIVAnews.com bagian dari upaya
mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme cerdas, tajam, berimbang dan menghibur.
Terdapat beberapa kategori / kanal yang di sajikan vivinews.com antara lain.
Berikut Kategori / Kanal di VIVAnews.com
- VIVAnews politik - bagi mereka yang menyukai perkembangan perpolitikan di Indonesia.
- VIVAnews bisnis - bagi para pecinta dan pelaku dunia bisnis, didalamnya dibagi lagi dengan informasi mengenai : korporat, industri, finansial dan market data.
- VIVAnews nasional - menyediakan berita seputar dalam negeri dan berbagai wilayah di nusantara.
- VIVAnews metro - yang mengulas berita terkini seputar ibu kota.
- VIVAnews dunia - menyajikan berita dan informasi luar negeri
- VIVAnews sainstek - menyajikan informasi terupdate buat para pecinta teknologi dan sains
- VIVAnews sport - yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga
- VIVAnews bola - untuk para pecinta bola
- VIVAnews otomotif – menyediakan informasi terupdate dan tips seputar dunia otomotif
- VIVAnews showbiz - menyajikan berita seputar dunia hiburan dan selebritis
- VIVAnews kosmo - seputar tips kesehatan dan gaya hidup
- VIVAnews sorot - yang menyorot berita, tokoh dan kejadian secara lebih tajam
- VIVAnews wawancara dan analisis - seputar wawancara dengan tokoh-tokoh ternama maupun dengan tokoh-tokoh kontroversial
- VIVAnews fokus - menyajikan informasi mengenai kejadian-kejadian yang sedang hot, secara lebih fokus dan terupdate
- VIVAnews forum - buat para pecinta forum, untuk bercakap-cakap maupun bertukar informasi.Menyajikan topik-topik pilihan, hangat dan terbaru. Juga disertai gosip, gambar-gambar serta berita yang aneh dan lucu
- Vlog atau VIVAlog - tempat para penulis blog untuk berbagi, mempromosikan maupun meningkatkan traffic blognya.
Tokobagus
didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold
Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur
di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs
e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang
terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka
tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.Pada tahun 2010, PT Tokobagus
akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar,
Bali. Nama Tokobagus berasal dari kata “Toko” dan “Bagus“, kata
Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya
sendiri. Sedangkan kata “Bagus” didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata
bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia.
TokoBagus.com
adalah media jual beli online, dimana member diberikan kemudahan dalam menjual
barang/jasa secara gratis, termasuk mempromosikan dan menggunakan fitur-fitur
toko bagus lainnya secara gratis. Lantas timbul pertanyaan, dari mana
keuntungan Toko Bagus? Toko bagus mendapatkan keuntungan dengan menyediakan
space untuk banner bagi para pemasang iklan.
Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.
Untuk
memudahkan pembeli dan penjual bertemu, Toko bagus membaginya dalam berbagai
kategori antara lain : Alat-alat Musik, Anak-anak dan Bayi, Buku, Elektronik
Konsumen, Fashion Pria, Fashion Wanita, Film, Fotografi, Games & Consoles,
Handicrafts, Handphone, Handphone Aksesoris, Hewan Piaraan & Aksesoris, HP
dan Telekom, Jam dan Perhiasan, Jasa, Kategori Lain Lain, Kesehatan dan
Kecantikan, Koleksi, Konstruksi dan Taman, Liburan dan Bepergian, Lowongan
Kerja, Makanan dan Minuman, Mobil, Mobil aksesoris, Mobil onderdil, Motor dan
Sekuter, Musik, Olahraga Air dan Perahu, Olahraga dan Kesehatan, Peluang Usaha,
Perangkat Keras Komputer, Perangkat Lunak Komputer, Perlengkapan Rumah,
Properti, Seni dan Antik, Sepeda dan Aksesoris, Serba Serbi, Telekom TV dan
Audio Video.
Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi berita
aktual dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs
berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa
Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi online dan menggantungkan
pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan
dalam hal berita-berita baru.
Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk
detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang
harian, mingguan, bulanan. Dengan bertumpu pada vivid description macam ini
detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan
users internet.
Server detikcom sebenarnya sudah siap diakses pada 30
Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9
Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom yang didirikan Budiono
Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman
(mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom
terfokus pada beritapolitik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah
situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk
juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
Referensi : www.sidoharjo.com
0 komentar:
Posting Komentar