Buku Tamu


ShoutMix chat widget

Sabtu, 05 Mei 2012

Macam - macam media informasi


Hai hai.. saya disini ingin membahas tentang media informasi seperti kapanlagi.com, okezone.com, kompas.com, vivanews.com, tokobagus.com, detik.com. Media - media ini sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Dengan adanya media - media ini tak perlu lagi anda pagi - pagi menunggu tukang koran untuk mendapatkan informasi setiap harinya karena media ini sama saja dengan koran online. Berikut macam - macam pembahasannya :
 



KapanLagi.com adalah salah satu situs web di Indonesia yang berfokus pada berita infotainment. Situs ini mulai beroperasi di bulan Agustus 2003, berkembang dari layanan SMS Alert, kemudian mengembangkan situs yang memfokuskan ke berita selebritis dan entertainment. Situs ini mempunyai “motto” : “Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?”. KapanLagi.com mempunyai dua kantor di Jakarta untuk bagian business development dan marketing, sedangkan di Malang untuk bagian editor, programmer dan desainer.


Okezone.com adalah situs web berita dan hiburan berbahasa Indonesia yang didirikan pada Maret 2007. Situs ini dimiliki oleh PT Media Nusantara Citra (MNC) yang juga mengelola beberapa bisnis media lain seperti RCTI, Koran SINDO, serta Trijaya FM. Okezone memberitakan hal-hal umum seperti: politik, peristiwa, internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi, dan lainya. Okezone memiliki prosedur pelaporan paling lambat 20 menit s/d 1 jam dari lokasi kejadian.

Okezone.com adalah salah satu situs portal yang berisi berita-berita terbaru (terupdate) yang baik yang nasional maupun internasional.  Seperti layaknya situs portal yang lain okezone.com juga membagi berita-beritanya menurut jenisnya masing-masing sehingga orang yang mengakses situs itu bisa langsung menuju ke jenis berita yang ingin dibacanya tanpa terhalang oleh berita lain yang tidak ingin dia baca. Jenis berita yang ada di Okezone.com ada olahraga, gaya hidup, internasional, music, selebriti, bola, teknologi, mesin, kampus, dan wisata. Selain itu Okezone.com juga membuat suatu portal khusus untuk berita dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Eropa. Dimana di dalam bagian itu jenis berita digabung tapi hanya dikhususkan untuk berita yang dari daerah itu saja, portal itu cocok untuk orang yang ingin mengetahui berita-berita tentang kejadian di daerahnya sendiri. Mungkin sekarang masih sedikit tapi semakin lama akan semakin bertambah daerah  yang memiliki portal sendiri.
Tentunya, agar mendapatkan hasil tambahan dari situs portalnya pengurus okezone.com membuka layanan  tempat memasang ad di situsnya. Berhubung yang mengakses situs okezone.com ini cukup banyak maka banyak yang mengklik ad itu dan menambah penghasilan dari situs portal itu sendiri. Selain itu okezone.com juga menawarkan suatu situs belanja, lelang dan pencarian kerja  buat pembaca yang menggunakan situs portal ini sehingga dapat dengan mudah mencari hal yang menjadi masalah di dunia nyata.
 Bisa dibilang okezone.com cukup memaksimalkan fungsi dari suatu situs portal dengan baik dengan homenya yang diisi dengan portal ke berita popular, terbaru dan juga beberapa tempat penting lainnya menyebabkan Okezone.com salah satu situs berita yang layak untuk didatangi jika ingin mencari suatu berita terbaru yang sedang marak dibicarakan. dengan semakin berkembangnya situs portal maka okezone.com semakin berkembang dapat dilihat dari pemberian melihat video-video berita yang disiarkan di RCTI di dalam suatu portal yang disebut OkezoneTV.



Kompas.com berdiri pada tahun 1997 dengan nama Kompas Online. Saat itu, Kompas Online hanya berperan sebagai edisi internet dari Harian Kompas. Kemudian pada tahun 1998 Kompas Online merubah namanya menjadi Kompas.com dengan berfokus pada pengembangan isi, desain, dan strategi pemasaran yang baru. Kompas.com pun memulai langkahnya sebagai portal berita terpercaya di Indonesia.
Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2008 Kompas.com tampil dengan perubahan penampilan yang signifikan. Mengusung ide “Reborn”, Kompas.com membawa logo, tata letak, hingga konsep baru di dalamnya. Lebih kaya, lebih segar, lebih elegan dan tentunya tetap mengedepankan unsur user-friendly dan advertiser-friendly.
Pada tahun tersebut juga mulai ditampilkan channel-channel atau kanal-kanal di halaman depan Kompas.com. Kanal-kanal ini didesain sesuai dengan tema berita dan membuat setiap pengelompokan berita memiliki karakter.

Berikut Kanal-kanal di Kompas.com
  1. KOMPAS Female - Memuat informasi seputar dunia wanita: tips-tips seputar karier, kehamilan, trik keuangan serta informasi belanja.
  2. KOMPAS Bola - Tempat akurat untuk mengetahui update skor, berita seputar tim dan pertandingan sepak bola.
  3. KOMPAS Health - Berisi tips-tips dan artikel tentang kesehatan, informasi medis terbaru, beserta fitur informasi kesehatan interaktif.
  4. KOMPAS Tekno - Mengulas gadget-gadget terbaru di pasaran, menampilkan review produk dan beragam berita teknologi.
  5. KOMPAS Entertainment - Menyajikan berita-berita selebriti, ulasan film, musik dan hiburan dalam dan luar negeri.
  6. KOMPAS Otomotif - Menampilkan berita-berita seputar kendaraan, trend mobil dan motor terbaru serta tips-tips merawat kendaraan.
  7. KOMPAS Properti - Memuat direktori lengkap properti dan artikel tentang rumah, apartemen serta tempat tinggal.
  8. KOMPAS Images - Menyajikan foto-foto berita berkualitas dalam resolusi tinggi hasil pilihan editor foto KOMPAS.com.
  9. KOMPAS Karier - Kanal yang tak hanya berfungsi sebagai direktori lowongan kerja, namun juga sebagai one-stop career solution bagi para pencari kerja maupun karyawan.
 

VIVAnews diluncurkan pada 17 Desember 2008, merupakan portal berita yang mengandalkan kedalaman, kecepatan, pertumbuhan dan perkembangan yang lebih cepat. Dikelola oleh PT. Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi Media Asia, Tbk yang juga mengelola bisnis penyiaran (antv, tvOne). VIVAnews.com bagian dari upaya mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme cerdas, tajam, berimbang dan menghibur. Terdapat beberapa kategori / kanal yang di sajikan vivinews.com antara lain. 

Berikut Kategori / Kanal di VIVAnews.com
  • VIVAnews politik - bagi mereka yang menyukai perkembangan perpolitikan di Indonesia.
  • VIVAnews bisnis - bagi para pecinta dan pelaku dunia bisnis, didalamnya dibagi lagi dengan informasi mengenai : korporat, industri, finansial dan market data.
  • VIVAnews nasional -  menyediakan berita seputar dalam negeri dan berbagai wilayah di nusantara.
  • VIVAnews metro - yang mengulas berita terkini seputar ibu kota.
  • VIVAnews dunia - menyajikan berita dan informasi luar negeri
  • VIVAnews sainstek - menyajikan informasi terupdate buat para pecinta teknologi dan sains
  • VIVAnews sport - yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga
  • VIVAnews bola - untuk para pecinta bola
  • VIVAnews otomotif – menyediakan informasi terupdate dan tips seputar dunia otomotif
  • VIVAnews showbiz -  menyajikan berita seputar dunia hiburan dan selebritis
  • VIVAnews kosmo - seputar tips kesehatan dan gaya hidup
  • VIVAnews sorot - yang menyorot berita, tokoh dan kejadian secara lebih tajam
  • VIVAnews wawancara dan analisis -  seputar wawancara dengan tokoh-tokoh ternama maupun dengan tokoh-tokoh kontroversial
  • VIVAnews fokus - menyajikan informasi mengenai kejadian-kejadian yang sedang hot, secara lebih fokus dan terupdate
  • VIVAnews forum -  buat para pecinta forum, untuk bercakap-cakap maupun bertukar informasi.Menyajikan topik-topik pilihan, hangat dan terbaru. Juga disertai gosip, gambar-gambar serta berita yang aneh dan lucu
  • Vlog atau VIVAlog - tempat para penulis blog untuk berbagi, mempromosikan maupun meningkatkan traffic blognya.


Tokobagus didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda asal Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker. Arnold yang kala itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs e-commerce di Amerika, amazon.com. Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari berbagai kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya hijrah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali. Nama Tokobagus berasal dari kata “Toko” dan “Bagus“, kata Toko dipakai dengan tujuan agar setiap pengguna bisa membuka toko (online) nya sendiri. Sedangkan kata “Bagus” didapat Arnold lantaran ia sering melihat kata bagus digunakan untuk nama toko di Indonesia.

TokoBagus.com adalah media jual beli online, dimana member diberikan kemudahan dalam menjual barang/jasa secara gratis, termasuk mempromosikan dan menggunakan fitur-fitur toko bagus lainnya secara gratis. Lantas timbul pertanyaan, dari mana keuntungan Toko Bagus? Toko bagus mendapatkan keuntungan dengan menyediakan space untuk banner bagi para pemasang iklan.

Semua iklan yang ada di situs ini dibuat oleh penggunanya sendiri, baik yang menjual maupun mencari barang. Situs ini dikelola oleh perusahaan bernama PT Tokobagus.

Untuk memudahkan pembeli dan penjual bertemu, Toko bagus membaginya dalam berbagai kategori antara lain : Alat-alat Musik, Anak-anak dan Bayi, Buku, Elektronik Konsumen, Fashion Pria, Fashion Wanita, Film, Fotografi, Games & Consoles, Handicrafts, Handphone, Handphone Aksesoris, Hewan Piaraan & Aksesoris, HP dan Telekom, Jam dan Perhiasan, Jasa, Kategori Lain Lain, Kesehatan dan Kecantikan, Koleksi, Konstruksi dan Taman, Liburan dan Bepergian, Lowongan Kerja, Makanan dan Minuman, Mobil, Mobil aksesoris, Mobil onderdil, Motor dan Sekuter, Musik, Olahraga Air dan Perahu, Olahraga dan Kesehatan, Peluang Usaha, Perangkat Keras Komputer, Perangkat Lunak Komputer, Perlengkapan Rumah, Properti, Seni dan Antik, Sepeda dan Aksesoris, Serba Serbi, Telekom TV dan Audio Video.


Detikcom adalah sebuah portal web yang berisi berita aktual dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi online dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru.
Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Dengan bertumpu pada vivid description macam ini detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan users internet.
Server detikcom sebenarnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Tanggal 9 Juli itu akhirnya ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom yang didirikan Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Semula peliputan utama detikcom terfokus pada beritapolitik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.


Referensi : www.sidoharjo.com

0 komentar:

Posting Komentar